Urgensi Intelektual Muslim oleh Shofwan Al Banna, Ph. D #NLC2

Adalah Shofwan Al Bannad yang mengisi maeri Urgensi Intelektual Muslim. Beliau mengingatkan kami bahwasanya hidup itu cepat, meskipun kita ingin hidup jauh lebih lama kedepan maka hal itu adalah tidak mungkin. Bila kita ingin hidup selamanya, maka bukanlah jasadnya namun ilmu, karya, dan revolusi kita. Bahkan sampai saat ini masih sering kita menyebutnya, beliau adalah Rasulullah Muhammad SAW, hingga kini kasih sayang beliau kepada kita sangatlah tinggi sehingga sampai saat ini kita masih bershalawat atas Rasulullah.

Oleh karena itu bilamana kita ingin hidup lama di muka bumi hendaknya kita memberikan karya memberikan “investasi” akhirat karena kekekalan fisik di dunia ini pasti akan merugi. Dengan kita mensyukuri nikmat hidup maka kita akan sanggup hidup melampaui batas.

Untuk membentuk peradaban Islam membutuhkan sebuah prasyarat yang harus dipenuhi yakni intelektualitas dari umatnya. Kita membaca sejarah yang gemilang dari Umat Muslim pada abad pertengahan. Ketika itu terdapat peradaban yang tidak tertandingi oleh peradaban manapun. Berpusat di tiga kutub besar yakni Istanbul, Baghdad, dan Andalusia Umat Muslim mencapai kejayaannya. Diawali dengan iklim intelektual yang tinggi mereka mampu mengbangkan intelektual dan teknologi. Banyak perpustakaan didirikan. Buku-buku pun begitu banyak didapatkan. Para ilmuan diberikan fasilitas dan imbalan yang begitu besar. Penerjemah diberikan emas seberat buku yang diterjemahkannya.

Islam menmbangkitkan kembali peradaban Yunani. Menjadikan filsafat-filsafat itu menjadi ilmu yang dapat diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

Hasilnya adalah lahir generasi ilmuan handal. Mereka seperti Ibnu Khaldun, Ibnu Sinar, Ibnu Rusyd dan lain-lain. perbedaan mereka dengan ilmuan sekarang adalah mereka dapat menggabungkan metodologi Islam dengan metodologi ilmu yanng sekuler. Hal ini menjadi jarang kita temukan sekarang. Bahkan diskursus Islam sendiri dalam ranah Ilmu pengetahuan. Menjadi tugas kitalah sebagai mahasiswa yang mengenyam pendidikan untuk membangkitkan intelektual Islam. Allah akan membantu kita untuk melakukannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s