Penguatan Spirit Enterpreneur untuk Pemuda Indonesia oleh Achmad Ferdiansyah dan Muhammad Sani #NLC2

Berawal  dari  sebuah pertanyaan untuk melenkapi kalimat yang di berikan oleh as Achmad Ferdiansyah, yaitu “Ibu … ke pasar, untuk …  “ banyak dari kami menjawabnya dengan jawaban ibu pergi ke pasar untuk membeli tomat, ada yang menjawab ibu pergi ke pasar untuk berdagang tomat, ada juga yang mengatakan bahwa ibu pergi ke pasar untukberintstasi tomat. Daiketiga jawaban tersebut nilai yang paling rendah adalah ibu berdagang tomat, sebanyak 30% dari 100%, karena ibu hanya berdagang dan tidak memiliki endiri uahanya atau menghabikan waktu untuk berdagang di pasar tidak mmeminta atau mengerjakan orang lain untuk menjual barangnya, sedangkan untuk jawaban ibu pergi ke pasar untuk membeli tomat memiliki jawaban sebesar 70% dari 100% dimana banyak dari kita yang bepergian ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari – hari dan mereka yang membeli kebutuhan keseharian pasti memiliki uang yang cukup untuk membeli, dan untuk jawaban ibu pergi ke pasar untuk inverstasi adalah jawaban 100% dari 100% dimana Ibu di pasar memperkjakan orang untuk menjualkan tomat miliknya sehingga ia sanggup memiliki uang tanpa harus “bekerja” (langsung terjun di pasar).

Hal ini di kuatkan oleh mas Sani dimana mas Sani dan mas Ferdi dulunya adalah peserta PPSDMS angkatan 4 dan di dalam PKN atau Pendidikan Kepemimpinan Nasional beliau di ajarkan tentang konsep wirausaha Robert Kiyosaki dimana dalam kehidupan sehari – hari ada beberapa tipe orang yaitu :

 

  1. Employee (Pekerja)

Para pekerja ini mereka bekerja untuk mendapatkan uang, semakin lama waktu bekerjanya maka semakin banyak pula uang yang di dapat. Sebagai contoh si Fulan bekerja dalam perusahaan milik orang lain selama 5 jam maka ia  mendapatkan 50 dollar kalau ia bekerja selama 7 jam maka ia mendapatkan 70 dollar.

 

  1. Self Employee

Adalah mereka yang menghabiskan waktunya untuk mencari uang, bukan dengan membuka usaha bukan dengan bekerja untuk perusahaan orang lain, ia bekerja untuk dirinya sendiri seperti halnya orang yang berdagang di pasar, banyak dari mereka yang menjaga kiosnya adalah pemilik kios sendiri bukan mereka meminta orang lain untuk menjual barang miliknya.

 

  1. Business Owner

Adalah mereka yang memiliki usaha sendiri dan orang bekerja untuk mereka. Mereka tidak perlu membuang waktu karena mereka memiliki banyak orang untuk menjalankan perusahaannya, semakin banyak orang yang bekerja untuknya maka semakin banyak pula uang yang di dapat shingga bagi business owner semakin banyak orang yang bekerja untuknya maka semakin banyak pula uang yang ia dapat.

 

  1. Investor

Investor berbeda dengan semuanya, ketika kita memiliki uang yang berlebih, kita bisa menaruh saham atau invest pada seseorang secara langsung. Contohnya si Fulan, dia adalah pekerja di pasar berjualan tomat, tomatnya milik saya sebagai investor, untuk mengawasi dan mengendalikan perusahaan saya meng-gaji seseorang sehingga saya mendapat uang dengan “bersantai” dan uang yang saya dapatkan saya gunakan untuk meng-gaji orang yang bekerja dengan saya.

 

Mas Ferdi mengingatkan bahwasanya seperti perkataan Hatta Rajasa bahwa tanda negara maju adalah minimal ada 2% dari total penduduknya sudah menjadi seorang wirausaha sedang di Indonesia masih berjumlah 0,sekian %. Mas Ferdi-pun mengingatkan bahwasanya untuk menjadi seorang wirausaha bukan hanya tentang mendapat untung berapa namun juga tentang membuka lapangan pekerjaan, tentang membantu perekonomian negara, bahkan menjadi seorang tokoh sosial. Seperti halnya Bapak Muhammad Yunus yang mendirikan Bank di Bangladesh guna sebagai tempat  simpan  pinjam para penduduk di  Bangladesh yang kurang mampu sehingga sekarang Bapak Muhammad Yunus menjadi tokoh sosiopreneur bahkan beliau mendapatkan penghargaan secara langsung dari Nobel tentang sosiopreneur.

 

Sebelum mengakhiri perjumpaan dengan kedua pembicara, pembicara memberikan pesan kepada kami bahwasanya jangan pernah menyerah dalam mencapai impian kedepan dan jangan pernah menyerah untuk bangkit kembali pada jalan impian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s